Industrial Printer Coding: Solusi Efisien untuk Identifikasi Produk

Industrial printer coding adalah perangkat yang digunakan dalam industri untuk mencetak kode, label, atau informasi penting pada produk. Mesin ini memiliki rancangan khusus untuk mencetak dengan presisi tinggi dan kecepatan yang tinggi, sehingga memungkinkan identifikasi produk yang efisien dan akurat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut terkait industrial printer.

Pengertian Industrial Printer

industrial printing mesin coding domino printing Indonesia

Industrial printer coding adalah perangkat dalam industri untuk mencetak kode, label, atau informasi penting pada produk. Selain itu, mesin ini memiliki rancangan khusus untuk mencetak dengan presisi tinggi dan kecepatan yang tinggi, sehingga memungkinkan identifikasi produk yang efisien dan akurat. Industrial printer coding menggunakan berbagai teknologi cetak yang canggih, seperti continuous inkjet (CIJ), thermal inkjet (TIJ), laser coding, atau tinta padat coding. Masing-masing teknologi memiliki kelebihan dan aplikasi yang berbeda tergantung pada jenis produk dan permukaan yang akan tercetak.

Printer ini memiliki kemampuan untuk mencetak pada berbagai media, termasuk kertas, karton, kemasan, atau label. Mesin ini dapat mencetak teks, gambar, kode bar, atau kode lainnya sesuai dengan kebutuhan produksi. Dalam hal ini, kecepatan cetak yang tinggi dan ketepatan cetakan menjadi salah satu keunggulan utama dari industrial printer.

Dalam penggunaannya, mesin coding ini biasanya digunakan dalam berbagai sektor industri, termasuk makanan dan minuman, farmasi, kosmetik, otomotif, dan lain-lain. Mesin ini dapat mencetak berbagai informasi penting pada produk, seperti tanggal kadaluwarsa, kode batch, barcode, QR code, instruksi penggunaan, logo perusahaan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa itu Mesin Coding? Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Industri yang Menggunakan Industrial Printer

Berbagai sektor industri memanfaatkan industrial printer untuk berbagai keperluan pencetakan kode dan label pada produk. Beberapa industri yang sangat bergantung pada penggunaan mesin coding industri antara lain:

Industri Makanan dan Minuman

industri makanan dan minuman industrial printer

Industri makanan dan minuman memanfaatkan industrial printer untuk berbagai keperluan pencetakan yang penting dalam produksi dan pengemasan produk. Selain itu, industrial printer pada industri ini juga digunakan untuk mencetak tanggal kadaluwarsa, informasi nutrisi, kode batch, dan label produk pada kemasan makanan dan minuman. Hal ini membantu dalam melacak dan menjaga keamanan produk, serta memenuhi persyaratan regulasi industri.

Domino Continuous Inkjet Printer Ax Series dapat mencetak expired date pada bungkus makanan dan minuman menggunakan tinta yang aman. Selain itu, tinta Ax Seires memiliki daya rekat yang kuat dan dapat mencetak kode dengan tepat pada kemasan,

Industri Farmasi

industrial printer industri farmasi

Industrial printer digunakan untuk mencetak informasi penting pada kemasan produk farmasi, seperti nama obat, kekuatan dosis, bentuk sediaan, komposisi, dan petunjuk penggunaan. Dalam hal ini, industrial printer mesin coding pada industri farmasi dapat membantu konsumen dan petugas kesehatan dalam mengidentifikasi dan menggunakan obat dengan benar. Pencetakan tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsa pada kemasan obat sangat penting dalam menjaga keamanan dan keaslian produk. Industrial printer memastikan bahwa informasi ini tercetak dengan jelas dan akurat, sehingga konsumen dapat mengetahui umur simpan obat.

Domino Thermal Inkjet Printer Gx350 dapat mencetak expired date pada kardus pembungkus obat dengan cepat, efisien, dan berkualitas tinggi. Selain itu, print head TIJ didesain dengan teknologi dual-sided coding yang memungkinkan printer mencetak kode atau gambar pada kedua sisi kotak secara simultan, tanpa memerlukan peralatan tambahan.

Industri Kosmetik dan Perawatan Pribadi

industrial printer kosmetik industri domino printing

Tanggal kadaluwarsa adalah informasi penting dalam produk kosmetik dan perawatan pribadi. Industrial printer pada industri kosmetik berfungsi mencetak tanggal kadaluwarsa pada kemasan produk, sehingga konsumen dapat mengetahui umur simpan produk. Selain itu, idustrial printer memungkinkan pencetakan logo merek, logo sertifikasi (misalnya, cruelty-free, organik), atau informasi tambahan seperti nomor registrasi produk, nomor batch, atau informasi kontak perusahaan. Hal ini membantu memperkuat identitas merek dan memberikan informasi penting kepada konsumen.

Domino Thermal Inkjet Printer Gx150i menggunakan teknologi pencetakan yang presisi untuk menghasilkan cetakan yang menakjubkan pada kaca wadah kosmetik. Tinta Gx150i memberikan hasil cetakan yang tahan lama, tajam, dan tidak luntur pada kaca.

Industri Otomotif

industri otomotif industri printer domino indonesia

Industri otomotif memanfaatkan industrial printer untuk berbagai keperluan pencetakan yang penting dalam proses produksi, perakitan, dan pelacakan komponen otomotif. Biasanya, industrial printer berfungsi untuk mencetak penandaan pada komponen otomotif, seperti nomor bagian, spesifikasi teknis, atau tanda khusus yang memberikan informasi tentang penggunaan dan keamanan komponen. Hal ini membantu dalam identifikasi yang cepat dan akurat, serta mempermudah penggantian komponen saat perlu melakukan pemeliharaan atau perbaikan kendaraan.

Domino Thermal Transfer Overprint V320i menggunakan teknologi transfer panas untuk mencetak pada media komponen logam yang biasa digunakan oleh industri otomotif. Tinta panas pada V320i series akan mencair saat terpapar panas, menempel pada media, dan menghasilkan cetakan yang tahan lama.

Industri Elektronik

industri elektronik printing domino indonesia

Dalam industri elektronik, industrial printer memiliki fungsi untuk mencetak informasi penting pada komponen elektronik. Pencetakan kode yang jelas membantu dalam identifikasi komponen, perakitan, dan pelacakan produk elektronik. Industrial printer juga berfungsi untuk mencetak instruksi pemeliharaan, panduan perbaikan, dan diagram rangkaian pada komponen elektronik. Ini memberikan panduan yang berguna bagi teknisi dalam memperbaiki dan memelihara peralatan elektronik.

Domino Continuous Inkjet Printer Ax550 adalah printer inkjet yang dapat mencetak kode pada berbagai media, termasuk media kabel dan kawat. Printer ini dilengkapi dengan tinta berkualitas tinggi yang tahan lama dan tidak mudah pudar sehingga cocok untuk mencetak kode produksi pada industri elektronik.

Jenis-jenis Industril Printer

Terdapat beberapa jenis industrial printer yang biasa berbagai industri gunakan. Salah satu produsen terkemuka dalam industri ini adalah Domino Printing. Berikut adalah beberapa jenis industrial printer, termasuk produk Domino Printing yang umum industri gunakan.

1. Continuous Inkjet Printer

industrial printer continuous inkjet printer domino

Printer Continuous Inkjet (CIJ) dari Domino Printing adalah jenis printer industri yang sangat fleksibel dan efisien untuk pencetakan kode dan label pada berbagai permukaan. Continuous Inkjet (CIJ) menggunakan teknologi tinta kontinu yang mengalir melalui nozzle kecil. Ketika tinta mengalir melalui nozzle, sistem pengontrol mengatur aliran tinta dan memecahnya menjadi tetesan-tetesan kecil yang kemudian diberi muatan listrik. Tetesan-tetesan tinta yang bermuatan listrik akan melewati medan elektrostatik yang mengarahkannya ke permukaan yang akan tercetak.

Domino Continuous Inkjet Printer memiliki kecepatan, ketepatan dan kemampuan yang dapat tampil di lingkungan yang keras dan beragam. Selain itu, CIJ Printer dilengkapi dengan komponen yang kokoh dan tahan lama untuk memberikan hasil yang konsisten dalam jangka waktu yang lama.

2. Thermal Inkjet Printer

mesin coding industrial printer thermal inkjet domino

Printer Thermal Inkjet (TIJ) dari Domino Printing adalah solusi pencetakan yang canggih dan efisien untuk berbagai kebutuhan industri. Printer Thermal Inkjet (TIJ) menggunakan teknologi termal yang inovatif untuk mencetak kode, label, dan teks pada berbagai permukaan. Teknologi ini melibatkan pemanasan sekecil-kecilnya pada tinta di dalam nozzle printer, sehingga menghasilkan tekanan yang mengeluarkan tetesan tinta yang sangat kecil dan presisi. Keunggulan utama printer TIJ Domino Printing adalah kecepatan dan kualitas cetak yang tinggi. Printer ini dapat mencetak dengan kecepatan tinggi, memungkinkan proses produksi yang efisien.

Domino Thermal Inkjet Printer memiliki rancangan yang befungsi untuk memberikan hasil dengan resolusi tinggi, mudah dipasang, dipelihara, dan diaplikasikan pada lini produksi. TIJ printer mampu mencetak dengan kecepatan hingga 300 meter per menit, sehingga dapat meningkatkan efisiensi produksi.

3. Thermal Transfer Overprint

domino indonesia industrial printer coding

Printer TTO Domino Printing menggunakan teknologi termal transfer yang melibatkan penggunaan pita ribbon panas untuk mentransfer tinta ke permukaan kemasan. Saat pita ribbon dipanaskan, tinta yang terdapat di atasnya meleleh dan menempel pada permukaan kemasan dengan tekanan yang tepat, menghasilkan cetakan yang jelas dan tahan lama. Selain itu, industrial printer TTO Domino Printing menghasilkan cetakan yang tajam, jelas, dan berkualitas tinggi. Tinta yang ditransfer dengan pita ribbon panas memberikan ketahanan yang luar biasa terhadap gesekan, goresan, dan penuaan.

Domino Thermal Transfer Overprint dapat mencetak gambar atau teks dengan detail yang lebih tinggi, bahkan pada ukuran yang lebih kecil. Dengan kecepatan tinggi, Thermal Transfer Overprint menghasilkan cetakan tetap terlihat bersih dan jelas, tanpa bercak atau kebocoran tinta yang mengganggu.

4. Labelling Print and Apply

Labelling Print and Apply Domino Printing Indonesia

Labeling Print and Apply menggabungkan printer dan aplikator label dalam satu perangkat, yang secara otomatis mencetak dan memasang label pada produk atau kemasan. Proses ini bekerja secara cepat dan akurat, meningkatkan efisiensi produksi dan kualitas label. Selain itu, Labeling Print and Apply Domino Printing dapat bekerja dengan kecepatan tinggi, sehingga cocok untuk lingkungan produksi yang membutuhkan proses yang cepat. Sistem ini juga telah lengkap dengan antarmuka pengguna yang intuitif, memudahkan pengaturan, pemantauan, dan pengendalian proses pencetakan dan pemasangan label.

Domino Print and Apply M Series memiliki fitur fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pabrik Anda, seperti lebar label, jarak antar label, dan orientasi label. M Series memiliki fitur pengaturan suhu yang akurat pada bagian print head yang berfungsi mencetak label dengan kualitas yang tinggi dan tahan lama.

Kesimpulan

Dalam setiap industri, penggunaan industrial printer membantu dalam meningkatkan efisiensi, keakuratan, dan keandalan dalam identifikasi produk, serta memenuhi persyaratan regulasi yang berlaku. Oleh karena itu, setiap jenis printer industri dari Domino Printing memiliki keunggulan dan fitur yang berbeda, namun semuanya berfungsi untuk memberikan pencetakan yang berkualitas tinggi, presisi, dan konsisten

Domino Continous Inkjet Printer mampu mencetak kode dengan kecepatan yang sangat tinggi dan akurat. Selain itu, CIJ Printer mampu mencetak kode pada berbagai jenis produk, seperti kemasan makanan, botol plastik, kertas, dan lainnya. Dapatkan quotation untuk konsultasi lebih lanjut terkait produk mesin expired date yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

5 komentar untuk “Industrial Printer Coding: Solusi Efisien untuk Identifikasi Produk”

  1. Very interesting article! Visit us at HealthcareToday.id to explore a world where health and knowledge meet. Dive into our vasteatures designed to empower you in taking charge of your health and wellness journey. We cover topics that range from common medical conditions and their latest treatments to nutrition advice, exercise tips, and mental health strategies

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hello Saya Ali
dari Domino Printing Indonesia.
apakah ada yang bisa saya bantu untuk detail produknya?